Jumat, 02 Februari 2018

Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi di RSUD H Soewondo Kendal

 
 
Perinatal Resiko Tinggi (Peristi)
 
Pelayanan Perinatal Resiko tinggi adalah pelayanan yang menciptakan kondisibagi ibu dan Janin atau bayinya yang mempunyai resiko tinggi agar dapat menjaminpertumbuhan dan perkembangan yang optimal serta terhindar dari morbiditas dan mortalitas. Unit Pelayanan Perinatal resiko tinggi merupakan unit yang mempunyai sifatpelayanan gawat darurat berlaku bagi pelayanan perinatal resiko tinggi.
 
Pelayanan perinatala resiko tinggi juga harus dilakukan seoptimal mungkin. Agar pelayanan dapat berjalan semaksimal serta seoptimal mungkin dibutuhkannya suatu kriteria yang nantinya akan dijadikan suatu pedoman tersendiri bagi pihak pelaksana. Adapun kriteria dari pelayanan prinatal resiko tinggi meliputi:
  1. Hanya diberikan kepada ibu lahir atau bayi yang baru saja lahir, dengan tujuan menghindari morbiditas dan mortalitas.
  2. pengelompokkan perinatal dilakukan sebagik mungkin dan pelaksanaannya harus seoptimal mungkin.
Adapun yang dimaksud dengan pengelompokkan ialaha pembegaian pelayanan berdasarkan tingkat kebutuhan ibu da bayi tersebut. Biasanya pengelompokkan Peristi dibagi menjadi:
  1. Perawatan Perinatal Tingkat I
  2. Perawatan Perinatal Tingkat II
  3. Perawatan Perinatal Tingkat III
Perawatan Perinatal Tingkat I merupakan perawatan yang diberikan kepada ibu dan bayi pada resiko yang relatif ringan. Misalnya kehamilan ibu yang mengalami sedikit komplikasi atau bayi yang baru lahir normal. Sedangkan Perawatan perinatal III merupakan perawatan yang diberikan kepada ibu maupun bayi pada tingkat resiko yang relatif tinggi dan tentu saja diprasaranai oleh fasilitas neonatal intensif.
Pelayanan perinatal resiko tinggi tentu saja dipimpin oleh dokter serta tenaga medis lainnya seperti perawat, paramedis non perawat, dan teaga medis lainnya yang dapat menjamin kualitas pelayanan tersebut.
 
 
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH
Dr. H. SOEWONDO KENDAL
Jl. Laut No.21 Telp. (0294) 381433, 381573 Kode Pos 51311 Kendal
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar